Adlips, adlip,adlibs atau adlib

Sekedar catatan ringan.

Tempo hari saya pernah menuliskan kicauan bahwa lebih banyak adlibs lebih baik! Dan lanjutkan, ya! paling tidak untuk saya gitu lho pada saat siaran tak harus banyak berpikir apalagi  ya  isi dan materi siaran yang sedang saya emban? Kan bisa dibayangkan jika dalam satu jam ada empat adlibs paling banyak waktu saya cuap-cuap terpotong lagu-lagu yang kami putar, jingle spot, ILM dan materi siaran, lalu alhasil sisanya bacain adlib kan jadi ringan toh? (jualan terus! Iya mesti jualan jika tidak dari mana dapat jatah dapur?) dan tentu baiknya lagi adalah untuk pemasukan iklan nambahin isi kantong owner radio dan atau nambah-nambahin biaya operasional radio.

Tentang tuit status saya yang terhubung ke FB mengenai Adlib menuai komentar dari beberapa teman:

Komentar pertama: “Terlepas dari bahasa apa jadi ingat jaman kapan ya pake merk Adlib……etc”

Tentu komentar diatas tersebut sah dan legal adanya karena Adlib juga adalah merk yang sangat erat kaitannya dengan komputer, secara teman saya yang satu tadi sangat menyukai dan menguasai ilmu computer, tak salah jika sang teman pernah dilarikan keluar negeri untuk studi banding dan urusan pekerjaan.

Komentar kesekian: “Adlibs atau adlips nang? Adlib apa adlip”

Komentarku: “Adlib”

Komentarnya: “Oh sugan teh Adlips a.k.a iklan bibir”

Translation sundanese: “Oh saya kira Adlips alias iklan bibir”

Tentu jawabannya tak selesai disitu karena percakapan terus panjang dan lama.

Sebelumnya mohon maaf para senior di radio, tulisan ini saya peruntukan untuk pemula atau teman-teman yang baru saja menggeluti dunia penyiaran barangkali ada yang nyasar menemukan blog ini, senang hati jika anda mau menambahkan kurang lebihnya apa dan dimana.

Ad-libs menurut kamus Urban adalah Improvisasi lebih yang diucapkan secara spontan tanpa latihan dan biasanya dilakukan para rapper ketika bermusik.

Ad-lib masih menurut kamus urban adalah menambahkan effect enhance pada vocal sehingga menambah kegembiraan dan keriangan sebuah lagu jika dilakukan dengan benar  maka lagu tersebut bisa jadi  dua level diatasnya, misalnya diawal sebelum enhance hanya dapat nilai C dan setelah dirawat menjadi A+.

Ad-lib asal katanya dari ad-libitum Yang artinya kurang lebih:

–          Diucapkan secara spontan

–          Improvisasi

–          Kata-kata, musik, atau tindakan diucapkan, dilakukan, atau dilakukan dengan spontanitas

Lalu bagaimana dengan Adlibs?

Jika ditarik kesamaannya dengan lagu saya rasa ada banyak kemiripan antara lagu dan adlib radio yaitu sama-sama mengirim pesan dan pesan tersebut proses delivery-nya harus enak,ciamik,mutakhir dan enak didengar lalu berkesan, misalnya kita hanya memili iklan dengan  bahan begini saja:

Bahan Adlib
Bahan Adlib

Namun setelah kita otak-atik dengan polesan sana-sini dan tentu terserah juga sama penyiarnya mau diapain lagi karena scrift sekedar pointer  yang sifatnya hanya  memandu (bukan hanya dibaca) product knowledge tersebut agar tersampaikan kepada pendengar dengan baik bahkan lebih dari sekedar baik tapi meninggalkan kesan dalam jika bisa,pasti bisa! Itulah perlunya improvisasi agar tidak terkesan sekedar baca maka materi adlibs tersebut menjadi:

Dalam rangka menyambut natal dan tahun baru Metro Listeners/ Nikmati Special Christmas Dinner  dengan pilihan menu masakan  Chinese  dan atau Western Food/ Anda bisa menikmatinya cuma dengan 150 ribu rupiah net per pax di Aston Hotel & conference Centre Jambi /harga tersebut sudah termasuk tax dan service charge//

Catat waktunya Metrolisteners Jangan lewatkan momen akhir tahun ini/ Special Christmas Dinner  Dari  tanggal 24 hingga 25 Desember 2013// Silahkan anda bisa pilih set menu yang sesuai dengan  selera anda, yang jelas anda bisa menikmati Special Christmas Dinner  ini/ mulai dari jam 6 sore di tanggal 24 Desember/ dan pada tanggal 25 Desember 2013 Special Christmas Dinner  ini  dimulai jam 11 siang // untuk anda yang merayakan Natal nggak perlu lagi kan repot-repot memasak?/ dan momen-nya bisa anda nikmati dengan bercengkrama di Aston Hotel sambil Dinner//

Special Christmas Dinner ini hanya ada di Aston Hotel Jambi/ Jalan Sultan Agung No.99 Jambi / Untuk reservasi anda bisa  datang langsung ke Aston Hotel & conference Centre Jambi / atau   Telpon ke nomer 0741-33-777 dan 0741-33-999//

Untuk detail informasinya Aston Hotel & conference Centre Jambi  kunjungi juga Jambi.AstonhotelsAsia.com

Satu hal yang saya selalu perhatikan, karena iklan tersebut memiliki masa tayang dalam periode tertentu bahkan frekuensinya bisa sesering-seringnya tergantung budget hehehe, maka saya berusaha melakukan tindakan yang beda untuk mengeksekusi sebuah adlib agar pendengar tidak boring.

Salam Radio.

Leave a comment